Seorang Warga Meninggal Dunia Terseret Banjir Bandang di Grobogan

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 11 Januari 2023 - 09:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Banjir bandang merenggut nyawa seorang warga Desa Tegalsumur, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. (Dok. BNPB)

Banjir bandang merenggut nyawa seorang warga Desa Tegalsumur, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. (Dok. BNPB)

JATENG RAYA – Banjir bandang merenggut nyawa seorang warga Desa Tegalsumur, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan melaporkan bahwa banjir bandang terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Desa Tegalsumur pada Kamis 5 Januari 2023.

Tingginya curah hujan kemudian mengakibatkan sungai di Dusun Ngiliran meluap dan menyebabkan banjir bandang.

Sementara itu, kronologi kejadian menurut kepala desa setempat bahwa korban yang biasanya pulang kerja sekitar pukul 19.00 WIB diduga terseret arus saat nekat menerobos banjir bandang dan menyeberangi jembatan bawah Dusun Nglirian.

Korban kemudian ditemukan keesokan harinya, atau Jumat 6 Januari 2023, saat warga berinisiatif membersihkan sampah yang terbawa arus banjir.

Pada saat hendak membersihkan sampah, warga kemudian menemukan motor yang diduga milik korban sudah berada di bawah jembatan.

Melihat kondisi tersebut, kemudian warga berinisiatif mencari keberadaan korban selaku pemilik motor yang kemungkinan terbawa arus banjir.

Setelah dilakukan pencarian, korban akhirnya ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di lokasi kurang lebih 400 meter dari penemuan sepeda motor pada pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya korban dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan dan dimakamkan.

Banjir Masih Merendam Sejumlah Titik

Sementara itu, beberapa laporan yang dihimpun dari Pusdalops BPBD Kabupaten Grobogan hari ini pukul 18.00 WIB, beberapa titik di wilayah Kabupaten Grobogan masih terendam banjir.

Adapun banjir kembali merendam wilayah Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi.

Banjir tersebut berasal dari limpasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lusi yang kembali mengalami kenaikan elevasi hinga 9.50 meter atau berada dalam status ‘Siaga’.

Sementara itu di lingkungan Soponyono RW 16, banjir masih menggenangi 20 rumah dengan tinggi muka air (TMA) kurang lebih 20 sentimeter.

Selain itu jalan penghubung Desa Kedungrejo dan Desa Karanganyar juga masih terendam sepanjang 15 meter dengan TMA 20 sentimeter.

Banjir juga masih merendam 10 rumah di Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Kemudian Dusun Ngampel dan Dusun Ngasinan di Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo juga masih terendam banjir dengan TMA antara 60-90 sentimeter.

Di samping itu, BPBD Kabupaten Grobogan juga melaporkan beberapa kejadian bencana yang dipicu oleh cuaca ekstrem meliputi; fenomena hujan disertai angin kencang yang merobohkan sebuah rumah di Desa Mayahan.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Selain itu satu rumah warga mengalami rusak ringan setelah tertimpa pohon yang roboh diterjang angin kencang di Desa Gedangan, Kecamatan Wirosari.

Sementara itu bahu jalan penghubung Dusun Sendangsuro dan Dusun Peting dilaporkan mengalami longsor sepanjang 28 meter dengan lebar 20 meter dan kedalaman 5 meter.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Selain itu, ada satu rumah warga yang berada di bantaran Sungai Lusi terancam tanah longsor.

Saat ini pemilik rumah sudah mengungsi di rumah orang tuanya dan rumahnya akan dibongkar dan direlokasi.

Curah Hujan Masih Tinggi, Banjir Masih Berpotensi Terjadi

Curah hujan di wilayah Kabupaten Grobogan dan sekitarnya dilaporkan masih tinggi dan terjadi sejak satu pekan terakhir.

Kondisi itu masih berpeluang terjadi hingga Sabtu (7/1), sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebagai antisipasi adanya banjir susulan yang dapat dipicu oleh cuaca ekstrem sehingga menyebabkan luapan Sungai Lusi, warga bergotong royong membuat tanggul buatan dari kantong berisi tanah dan pasir.

BPBD Kabupaten Grobogan juga terus memonitor perkembangan banjir dan cuaca di lapangan bersama unsur terkait dan pemerintah desa setempat.

Selain itu, BPBD Kabupaten Grobogan juga terus melakukan pendampingan kepada seluruh kepala desa untuk bersama-sama melaporkan kejadian dan memberikan pelayanan terbaik kepada warga terdampak melalui jejaring sosial.

Upaya seperti pemantauan kondisi sungai, pembersihan sampah maupun material lain yang dapat menyumbat aliran air, monitoring kondisi tanggul, jalan dan jembatan hingga pemantauan debit air saat terjadi hujan lebat terus dilakukan bersama unsur forkompinda terkait.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Indonesiaraya.co.id, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Kecelakaan Beruntun Terjadi di Jalur dari Arah Jakarta Menuju Semarang di Jalan Tol Semarang – Batang
Dukung Sudaryono untuk Maju Jadi Calon Gubernur, Gerakan Muslim Jateng Ungkap Sejumlah Alasannya
Datangi Langsung Lokasi Bledug Kramesan, Polres Grobogan Beri Penjelasan Soal Kemunculan Gunung Berapi
Merupakan Salah Satu Jalur Utama Mudik, Hingga Saat Ini Jalur Pantura Demak – Kudus Belum Bisa Dilalui
Wilayah Terdampak Banjir Berkurang dan Jumlah Pengungsi Jadi 9.130 Jiwa, Penanganan Banjir Demak
Potensi Cuaca Berawan Tebal Diprakirakan Terjadi di Kota Semarang, Berikut Ini Prakiraan Cuaca BMKG
Cuaca Ekstrem Melanda 24 Desa di Kabupaten Kendal, Sebanyak 24.286 Jiwa Terdampak Banjir
Banjir Kota Pekalongan Paksa 572 Warga Mengungsi Akibat Luapan Sungai Bremi, Sungai Meduri dan Sungai Gabus
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 15:36 WIB

Kejaksaan Agung Kembali Sita 2 Buah Mobil Mewah Milik Harvey Moeis, Terkait Kasus Korupsi PT Timah Tbk

Rabu, 17 April 2024 - 14:19 WIB

Puspom TNI dsn Polda Metro Jaya Tangkap Pengemudi Arogan, Pemalsu Plat Dinas TNI Noreg 84337-00 yang Viiral

Selasa, 16 April 2024 - 12:03 WIB

Eskalasi Ketegangan Iran – Israel Meningkat, Indonesia Desak PBB Segera Ciptakan Perdamaian di Timur Tengah

Kamis, 11 April 2024 - 07:41 WIB

Jasasiaranpers.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Sabtu, 6 April 2024 - 14:38 WIB

Saat Wartawan Balik Bertanya, Sandra Dewi Malah Bungkam Usai Sempat Beri Pesan Menohok ke Wartawan

Kamis, 4 April 2024 - 16:00 WIB

Dirut Ahmad Dani Virsal Jelaskan Upaya-upaya Reformasi 2024 Usai Korupsi PT Timah Tbk Ditangani Kejagung

Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:02 WIB

AHY Sebut Buka Puasa Bersama Tradisi yang Baik, Tak Semua Menteri Kabinet Jokowi Hadir di Istana

Kamis, 28 Maret 2024 - 16:00 WIB

Panglima TNI Tanggapi Isu WNI yang Menjadi Tentara Bayaran Asing dan Terlibat Perang di Ukraina

Berita Terbaru